Kata Pengantar

Galeri

Batik sudah lama dikenal sebagai warisan budaya Nusantara. Selama berabad-abad, dunia mengenal batik berasal dari Indonesia. Sayangnya, kita kurang mencintai warisan luhur ini. Kita tidak memeliharanya dengan baik sehingga memberikan peluang bagi bangsa lain untuk memilikinya. Masih hangat dalam ingatan kita, bangsa Malaysia menganggap batik adalah milik mereka.

Pada akhirnya, kita boleh merasa lega karena Lembaga Perserikatan Bangsa­ Bangsa (PBB) yang membawahi masalah kebudayaan, UNESCO, telah menyetujui batik sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan (Intangible Cultural Heritage) yang dihasilkan oleh Indonesia. Warisan budaya tak benda kemanusiaan merupakan satu dari tiga daftar yang dibuat di bawah Konvensi UNESCO 2003 mengenai Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan. Dan demi menghargai kebudayaan Indonesia tersebut, Presiden Yudhoyono mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan pakaian batik.

Dari dokumen sejarah yang ditulis dan dilukis di daun lontar, diketahui bahwa batik telah dikenal di Nusantara sejak abad XVII. Saat itu, motif atau pola batik masih didominasi bentuk binatang dan tanaman. Tetapi seiring waktu, motif batik mengalami perkembangan dan beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber, dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak, lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Menjadi tugas kita sebagai ahli waris dari budaya adiluhung ini untuk menjaga dan melestarikannya. Juga tugas kita untuk mempromosikannya ke seluruh dunia agar lebih dikenal dan dicintai.

www.BatikSolo.asia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s