Batik Banyumas

Standar

Batik Banyumas

Banyumas merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Karena letaknya berdekatan dengan Jogja dan Solo, batik Banyumas terinspirasi dari gaya batik Jogja dam Solo. Batik Banyumas juqa biasa disebut batik Banyumasan. Warna batik Banyumas biasanya coklat gelap, juga dominant warna hitam dan kuning keemasan.

Batik Banyumas ada yang berupa batik cap dan ada yang berupa batik tulis. Pengerjaan batik cap tentu lebih singkat dibandingkan batik tulis. Harganya pun tentu lebih murah daripada batik tulis. Bahan yang digunakan dalam membuat batik Banyumas pun sangat beragam mulai dari dobi, mori sen, sutra, dan paris.

Batik Banyumas identik dengan motif jonasan,yangdidominasi warna dasar kecokelatan dan hitam. Sedangkan motif yang ada di batik Banyumas sekarang ini sangat bervariasi di mana pengrajin banyak melakukan terobosan baru dengan menciptakan motif-motif lain. Motif batik Banyumas antara lain sidoluhung, sekarsurya, jahe puger, cempaka mulya, kawung jenggot, madu bronto, lumbon (lumbu), pring sedapur, dan lain-lain.

Anda bisa menemukan pengrajin batik Banyumas ini di beberapa tempat antara lain di Kecamatan Banyumas, yaitu di desa Pekunden, Pasinggangan, Sudagaran, dan Papringan dan di Kecamatan Sokaraja, yaitu di desa Sokaraja Lor, Sokaraja Kidul, Sokaraja Tengah, Sokaraja Kulon, dan Karang Duren.

www.BatikSolo.asia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s