Mengenal Lebih Jauh Pasar Batik yang Ada

Standar

Bisnis fashion yang berbahan dasar batik atau bertema batik sekarang ini mempunyai pasar yang sangat besar. Berbagai kalangan menyukai produk batik. Usaha yang ada saat ini mulai dari skala kecil sampai skala besar. Pasar batik belum jenuh sehingga Anda harus lebih kreatif lagi menemukan produk yang unik dan bisa diterima oleh masyarakat luas.

Bagaimana Anda mengolah produk yang notabene bersifat tradisional menjadi suatu produk yang lebih modern dan tidak kalah dengan produk nonbatik di pasaran. Pasar batik yang ada saat ini juga tersebar hampir di seluruh tempat dari mulai pasar yang bersifat tradisional sampai mall-mall bergengsi pun menjual batik. Tidak hanya ramai di offline store seperti toko atau showroom khusus batik, batik juga ramai diperjual belikan di online store.

Pasar yang begitu luas dengan pembeli begitu banyak juga menuntut kita harus lebih kreatif membuat produk yang akan kita jual. Kita harus menentukan brand yang kita miliki berada di tempat seperti apa dan selanjutnya brand yang kita miliki akan kita bawa kemana harus kita pikirkan juga. Pelaku usaha kecil menengah bisa bekerja sama dengan menjadi mitra binaan perusahaan sehingga usaha yang dimiliki bisa semakin berkembang dan mempunyai banyak pengetahuan untuk lebih mengembangkan usaha yang dimiliki.

Pembeli selalu menginginkan corak dan model yang baru dari usaha batik yang kita miliki sehingga perlu kreativitas untuk menciptakan sesuatu yang baru secara berkala. Karena pemain di bidang bisnis batik ini sangat banyak, kita dituntut selalu kreatif dalam menciptakan produk yang bernuansa kekinian dengan bahan tradisional.

Walaupun saat ini produk dari China menyerbu pasar, kita jangan pesimis dan takut karena pecinta batik di Indonesia sangat banyak dan mereka yang menginginkan produk batik dari Indonesia juga sangat banyak. Pasar di dalam negeri maupun di luar negeri masih terbuka lebar.

Berbisnis batik dengan mempunyai toko sendiri akan mengurangi orang mengambil lahan usaha kita. Misalnya jika kita belum mempunyai merek atau toko sendiri, jika mengeluarkan produk baru dan kemudian produk itu laris di pasaran maka biasanya akan cepat ditiru oleh pebisnis lain sehingga hal ini tentu saja merugikan kita.

Tetapi jika kita mempunyai toko sendiri, orang akan datang ke toko kita karena sudah mengetahui barang yang bagus ada di toko kita. Lain halnya jika Anda hanya memasok barang ke berbagai tempat dan membuat barang sesuai dengan pesanan, Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut. Untuk produk tertentu dengan tingkat pembuatan yang sulit dan pasar yang dituju terbatas, orisinalitas produk tentu sangat berarti buat Anda. Membuka toko di berbagai tempat juga mengantisipasi konsumen mencari produk yang mirip dengan produk Anda.

Pada awal berbisnis kita memang harus memikirkan bagaimana konsumen bisa memperoleh produk yang kita miliki. Sebisa mungkin konsumen tidak mengalami kesulitan mencari dan membeli produk yang kita miliki. Jadi jika kita mempunyai toko sendiri, pilih toko yang mudah didatangi oleh konsumen dan konsumen tidak kesusahan mencarinya.

Pasar batik sendiri tidak hanya menyangkut soal pakaian, tetapi juga pasar batik terbuka untuk produk batik di luar pakaian. Bahkan batik berupa kain pun masih menyisakan pasar yang besar, apalagi jika corak dan motif batik disesuaikan dengan pesanan konsumen. Bahkan batik tematik atau batik dengan tema tertentu baik untuk tujuan komersial atau nonkomersial masih memiliki pasar yang besar.

Produk perlengkapan rumah tangga seperti sprei atau sarung bantal pun ada yang hanya dibuat khusus untuk si pemesan. Potensi pasar batik sangat besar, baik untuk skala kecil ataupun untuk skala besar. Keunikan produk batik selalu dicari dan keeksklusifan produk batik juga dicari banyak orang.

Penentuan target yang akan dicapai setiap bulannya bisa juga dipikirkan sehingga kita mempunyai target tertentu dalam kurun waktu tertentu untuk mencapainya. Jika sudah mencapainya, kita akan memikirkan target yang lebih tinggi lagi dalam meninqkatkan pencapaian produk kita.

www.BatikSolo.asia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s